Selasa, 29 Desember 2015

Hunting cincin - Paris Jewellery, Semarang

Saya sampai di Semarang pada hari Kamis, 24 Desember 2015. Tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 11.00, dijemput oleh Mr. D, kami pun langsung menuju ke toko perhiasan emas di daerah Kranggan, Semarang.
Saya dan mama biasanya beli emas di Toko Mas Gajah, atau Bali. Namun kemarin dapat referensi dari eyang untuk beli saja di Paris Jewellery

1. Cincin di Paris Jewellery
Alamat : Jl.Wahid Hasyim No.82 Semarang

Bahan antara cincin saya dan mr. D berbeda, karena dalam Islam, laki laki dilarang memakai emas. Mama saya pesan, kalau pesan cincin, jangan diukir nama dulu, katanya pamali. Jadi nanti ukir namanya kalau sudah mendekati hari H pernikahan.

Cincin pria
Tentu kalian pernah mendengar kalau umat islam melarang kaum pria memakai emas. Mungkin diantara kalian bertanya-tanya kenapa islam melarang ya,

Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam mengharamkan emas dipakai kaum lelaki dan menghalalkannya dipakai wanita. At-Tirmidzi meriwayatkan;

dari Abu Musa Al Asy’ari bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pakaian sutera dan emas diharamkan bagi umatku yang laki-laki dan dihalalkan bagi yang perempuan.” (H.R.At-Tirmidzi)

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang kaum laki-laki memakai cincin emas [Al-Bukhari dan Muslim] masing-masing dari Al-Bara' bin Azib Radhiyallahu 'anhu, bahwa ketika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki memakai cincin emas di tangannya, maka beliau memintanya supaya mencopot cincinnya, kemudian melemparkannya ke tanah. Hadits ini diriwayatkan oleh imam al bukhori dan imam muslim.

Dan menurut penelitian ilmuwan abad ke 20, atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia. Dampaknya,  darah dan urine akan mengandung atom emas dan bisa mengakibatkan penyakit Alzheimer. Namun pada wanita,  partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui menstruasi.
Sumber : https://www.facebook.com/Kisah.nabi.dan.wali/posts/594986627232169

Berikut ini adalah alternatif pilihan cincin selain emas untuk laki-laki :

1. Platinum
Platinum merupakan logam murni kira-kira kemurniannya adalah 95% sedangkan emas putih kemurniannya hanya 75%. Platinum lebih awet dan kuat dibanding emas. Maka harga platinum lebih mahal dibanding emas
2. Paladium
Cincin kawin paladium dan perhiasan paladium tahan dari noda hitam akibat oksidasi. Hal ini membuat cincin kawin paladium dan perhiasan paladium tidak mudah menghitam.
3. Titanium
Titanium termasuk bahan yang kuat sama dengan baja. Tapi baja lebih berat, sedangkan Titanium ringan. Otomatis Titanium lebih kuat dari perak dan besi biasa. Titanium asli harganya jauh melebihi emas. Hanya saja yang beredar di pasaran ikatan cincin, bukanlah Titanium asli, melainkan telah dicampurkan dengan zat lainnya supaya mudah dibentuk menjadi cincin.
4. Perak atau silver
 Cincin perak sudah sangat dikenal masyarakat. Harganya lebih terjangkau dari emas. Bahan perak ini mudah dibentuk, dan warna nya mirip dengan emas putih. Jadi susah dibedakan antara cincin emas atau perak.
Namun bahan perak punya kelemahan, yaitu mudah teroksidasi (menghitam) karena keringat laki-laki yang bersifat asam.

Di Paris Jewellery, hanya menjual perhiasan emas dan perak. Maka cincin mr. D pun memakai bahah perak. Nah cincin perak sangat mudah dibentuk. Jadi, model cincin saya dan mr. D sama, namun mr D ga pakai hiasan mata berlian.

Cincin wanita
Cincin saya berbahan emas putih dengan berhiaskan berlian 0,2 carat

Emas putih
Harga dan berat emas ditentukan oleh kadar atau karatnya, Nah berikut ini penjelasannya :
 -24K (kadar emas 99,9% atau lebih). Emas 24K memiliki kadar kemurnian emas tertinggi yaitu mencapai 99,9% dan sisanya adalah campuran perak & tembaga.
- 22K (kadar emas 91,6%)
- 18K (kadar emas 75,0%)
- 14K (kadar emas 58,5%)

Di toko emas umumnya dijual yang kadar emas 75%.  Lebih baik tanya toko emas, itu emas kadar berapa, jangan bertanya berapa karatnya.

Berlian
Hiasan mata untuk cincin emas bermacam-macam bahannya, ada emas, berlian, batu ruby, king saphir, topaz, dll.  Harga berlian jauh di atas harga emas.
Perkiraan harga berlian dibuat dengan kategori sesuai clear, clarity, cutting dan carat berlian.

Awalnya saya hanya nanya iseng sama mbak mbak yang jual, kalau hiasan mata diganti berlian jadi berapa totalnya. Nah karena totalnya jadi 4x lipat dari harga cincin emas, saya pun bilang kalau gausah pakai berlian. Namun mr. D bilang, hiasannya diganti berlian aja lebih bagus. Dan dia pun bilang, kalau belum nikah aja udah itung-itungan, gimana nanti kalau udah nikah, buat kamu nggak ada itung-itungan. Wah saya pun langsung senyum,berbunga bunga, dan meleleh.

Kemarin nanya temen yang sudah survey cincin, sama dia dikasih tips, untuk tanya harga cincin minta detail harga biaya emas berapa, biaya pembuatan berapa, harga berlian berapa. 
Nah perincian harga untuk pembuatan cincin emas berlian saya ini :
Untuk harga per gram emas Rp 415.000/ gram, biaya pembuatan 1 pasang Rp 500.000. Kalau harga cincin perak, langsung dihargai 1 buah gitu.
Setelah harga cincin ditotal, saya menawar harganya, cuma dapet kurang Rp 30.000, tapi gapapa lah lumayan hihi, Karena mbaknya bilang kalo harga emas dan berlian dia ga berani kasih diskon banyak.
Setelah setuju dengan desain nya, mr. D pun men DP untuk cincin. Waktu pengerjaan nya kurang lebih 1 bulan. Semoga hasilnya sesuai harapan. Amiin.


4 komentar:

  1. mbak maaf mau tanya beli cincin perak di "Paris Jewelry" berapa mbak?warna nya awet nggak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak maaf baru balas, harga cincin perak 1 jt disana. trus kata mbaknya, tergantung pemakaian dan perawatan sih mbak. tapi banyak juga yg pakai cincin perak. hhe

      Hapus
  2. BAPAK. SUGITO SAL MEDAN

    Terima kasih KH.Fhatulla Harun atas bantuan angka
    Ritual putih nya …Angka Anda Tembus 100%…kami yang udah kemana-mana
    mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai
    hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…
    Kok ketemu alamat KH.Fhatulla Harun..Saya coba beli paket 2D ternyata tembus…
    dan akhirnya kami pun membeli paket 4D…Bagai di sambar Petir.
    Ternyata Angka Ritual Ghoib KH.Fhatulla Harun Ternyata Tembus..
    Buktikan aja sendiri saudara…Terima kasih KH.Fhatulla Harun

    klik=> RITUAL TOGEL PUTIH

    BalasHapus
  3. Hi brides to be, lagi cari gedung nikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak banget dan bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu CASHBACK dan HONEYMOON PACKAGE! Untuk informasi lengkapnya, hubungin aja Tresna (+6281312214233).

    BalasHapus